Senin, 20 Agustus 2012

Keepass Password Manager: Cara Login ke Banyak Akun Tanpa Perlu Ingat Password

Anda punya akun Facebook, akun Twitter, akun gmail, akun yahoo mail, akun blog, akun e-banking, dan akun apa lagi?
Bayangkan kalau Anda harus menghapalkan semua password tersebut, pasti Anda akan kesulitan. Belum lagi kalau sampai lupa, risikonya tidak terbayang karena Anda tidak bisa login, padahal ada data penting yang sedang Anda butuhkan di email; atau Anda hendak update status di Facebook.
Lalu bagaimana sebaiknya?
Menyimpannya di dokumen word? Sangat rentan dibuka teman yang suka iseng buka komputer/laptop tanpa ijin.
Menulisnya di buku catatan? Sangat tidak praktis, apalagi buat Anda yang sering lupa menaruh barang.
Ada solusi jitu yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan Keepass Password Manager. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyimpan password akun-akun tersebut dengan aman. Anda tinggal klik, dan langsung login ke situs web yang Anda tergabung di dalamnya, tanpa harus ingat-ingat password lagi.
Bagaimana cara menggunakannya?

DOWNLOAD DAN INSTALL
  • Pertama, silahkan download  Keepass Password Manager di sini.
  • Anda bisa pilih sesuai kebutuhan Anda. Ada dua pilihan yaitu Keepass edisi Klasik dan edisi profesional. Perbedaan antara keduanya terletak pada fitur yang disediakan. Edisi profesional menyediakan fitur yang lebih lengkap. Namun untuk menginstallnya, komputer Anda harus memiliki Microsoft .NET Framework 2.0 terlebih dahulu. Masing-masing versi ini juga memiliki versi portable, yang berarti Anda tak perlu menginstall terlebih dulu untuk menggunakannya.
  • Kalau Anda tak mau repot dengan terlebih dahulu memastikan ada tidaknya Microsoft .NET Framework 2.0 dalam komputer, Anda bisa pilih Keepass edisi klasik.

Cara memasang KeePass

Langkah 1. Klik dua kali ; Box dialog Open File-Security Warning akan muncul. Setelah muncul, klik untuk mendapatkan layar sebagai berikut:

Gambar 1: Layar Select Setup Language (pilih bahasa yang digunakan)
Langkah 2. Klik untuk mengaktifkan layar Setup-KeePass Password Safe – Welcome to the KeePass Passwor Safe Setup Wizard.
Langkah 3. Klik untuk mendapatkan layar License Agreement . Silahkan baca License Agreement sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
Langkah 4. Centang pilihan “I accept the agreement” (saya menerima persyaratan yang ada) untuk mengaktifkan tombol Next, lalu Klik untuk mengaktifkan layar Select Detination Location.
Langkah 5. Klik untuk menyetujui lokasi penginstalan yang telah ditetapkan.
Langkah 6. Klik untuk mendapatkan layar berikut.

Gambar 2: Layar Select Additional Tasks
Langkah 7. Centang pilihan seperti yang ditunjukkan Gambar 2.
Catatan: Apabila Anda memilih Create a start menu folder, wizard penginstalan KeePass Password Safe akan secara otomatis menciptakan ikon KeePass Quick Launch di menu Start.
Langkah 8. Klik untuk menampilkan layar ringkasan Ready to Install, lalu klik untuk mengaktifkan layar penginstalan dan bar dari status progress.
Beberapa detik kemudian layar Completing the KeePass Password Safe Setup Wizard akan muncul.
Langkah 9. Centang pilihan Launch KeePass lalu klik untuk membuka KeePass secepatnya, dan diarahkan ke website KeePass Plugins and Extensions, apabila Anda terhubung ke internet.

Cara membuat database password baru

Dalam bagian berikut, Anda akan diajarkan cara membuat master password, menyimpan database baru buatan Anda, menghasilkan password acak untuk program tertentu, membuat salinan cadangan dari database dan mengekstrak password dari KeePass bila diperlukan.
Untuk membuka KeePass, ikuti petunjuk berikut :
Langkah 1. Select Start > Programs > KeePass Password Safe > KeePass atau klik ikon di desktop Anda untuk mengaktifkan layar KeePass seperti di bawah ini:

Gambar 3: Konsol Keepas Password

Membuat Database Password baru

Membuat database password baru terdiri dari dua langkah:
Anda harus mempunyai satu master password yang unik dan kuat yang akan Anda gunakan untuk mengunci dan membuka kunci database password Anda. Kemudian , Anda harus menyimpan database password Anda.
Untuk membuat database password baru, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Pilih File > New seperti berikut:

Gambar 4: Layar KeePass ketika memilih File > New
Ini akan mengaktifkan layar Create New PassWord Database (membuat database password baru) seperti berikut:

Gambar 5: Layar KeePass ketika membuat Database Password yang baru (Create New Password Database)
Langkah 2. Ketik master password yang Anda inginkan ke dalam kotak Master Password.

Gambar 6: Layar KeePass Set Composite Master Key dengan Master Password telah diisi
Anda akan melihat progress bar berwarna oranye-hijau dibawah tempat memasukkan password. Ketika Anda memasukkan password, jumlah bar berwarna hijau akan bertambah apabila password Anda bertambah sulit atau kuat dan juga ketika jumlah karakter password Anda bertambah.
Tips: Sebaiknya setengah dari progress bar berwarna hijau ketika Anda selesai mengetik password Anda, yang menunjukkan bahwa password Anda cukup kuat.
Langkah 3. Klik untuk mendapatkan layar Repeat Master Password (tulis ulang master password) dan silahkan konfirmasi password Anda seperti berikut:

Gambar 7: Layar KeePass Repeat Master Password
Langkah 4. Ketik password yang sama seperti sebelumnya, lalu klik
Langkah 5. Klik untuk melihat apakah Anda telah mengetik password Anda dengan benar.
Peringatan: Jangan lakukan ini apabila Anda merasakan bahwa ada orang yg melihat dari belakang Anda.
Setelah Anda selesai mengetik master password dua kali, KeePass konsol akan menyala seperti berikut:

Gambar 8: Layar KeePass Password Safe dalam mode aktif
Setelah Anda selesai membuat database password, Anda perlu menyimpannya. Untuk menyimpannya, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Pilih File > Save As seperti berikut:

Gambar 9. Layar KeePass Password Safe (tempat penyimpanan password KeePass)
Ini akan mengaktifkan layar Save As seperti ini:

Gambar 10: Layar Save AS
Langkah 2. Ketik nama untuk file password database Anda yang baru.
Langkah 3: Klik untuk menyimpan database Anda.
Tips: Ingatlah lokasi dan nama file dari database Anda! Ini akan berguna ketika Anda ingin membuat salinan dari database Anda.
Selamat! Anda telah sukses membuat dan menyimpan database password yang aman. Sekarang Anda bisa memulai untuk mengisinya dengan password-password Anda yang sekarang maupun nanti.

Cara menambah entri

Layar Add Entry membolehkan Anda menambah informasi dari akun, password dan detail penting lainnya ke dalam database yang baru saja Anda buat. Contoh dibawah ini akan meminta Anda memasukkan password-password baru untuk disimpan dan nama-nama pengguna untuk bermacam website dan email.
Langkah 1. Pilih Edit > Add Entry (tambah entri) di layar Password Safe KeePass Anda untuk mendapatkan layar Add Entry sebagai berikut:

Gambar 11: Layar KeePass Password Safe ketika Edit > Add sedang dipilih

Gambar 12: Layar KeePass Add Entry
Catatan: Layar Add Entry memperlihatkan Anda dengan beberapa kotak yang harus diisi. Kotak-kotak ini tidak ada yang wajib untuk diisi; informasi yang Anda masukkan disini hanya untuk kenyamanan pribadi Anda. Informasi ini mungkin akan berguna ketika Anda mencari informasi tersebut.
Dibawah ini adalah penjelasan singkat tentang teks tersebut::
  • Group: Dengan KeePass Anda dapat mensortir password Anda untuk group-group yang berbeda. Contoh: ‘Internet’ adalah grup yang bagus untuk menyimpan password yang berhubungun dengan akun yang ada di website-website.
  • Title: Nama yang menggambarkan entri password tertentu. Contoh: password Gmail.
  • User name: Nama pengguna yang berhubungan dengan password tersebut. Contoh: securitybox@gmail.com
  • URL: Laman/site dari internet yang berhubungan dengan password tersebut. Contoh: https://mail.google.com
  • Password: fitur ini akan secara otomatis memberikan password secara acak ketika layar Add Entry sedang aktif. Apabila Anda mendaftar untuk akun email yang baru, Anda boleh menggunakan password 'default' di kotak ini. Anda juga dapat menggunakan fitur ini apabila Anda ingin mengganti password yang telah dipilihkan oleh KeePass. Karena KeePass akan mengingat password tersebut, Anda tidak perlu melihat password tersebut lagi. Password yang diambil secara acak bisa dikatakan kuat (karena, akan sulit untuk penyusup untuk menerka).
Meminta KeePass mengambil password secara acak akan dijelaskan di bagian berikut. Anda dapat mengganti password yang telah ditetapkan KeePass dengan password Anda sendiri. Sebagai contoh, apabila Anda mau memasukkan password untuk akun yang sudah ada, Anda tentunya ingin memasukan password yang benar di sini.
  • Repeat Password: Konfirmasi dari password tersebut.
  • Quality: Progress bar yang mengukur tingkat kekuatan password dari panjang dan keacakannya. Semaking banyak warna hijau di skalanya, semakin kuat password Anda.
  • Notes: Notes adalah tempat dimana Anda menyimpan informasi umum yang bersifat deskriptif tentang akun atau site yang Anda simpan informasinya. Contoh: Mail server settings: POP3 SSL, pop.gmail.com, Port 995; SMTP TLS, smtp.gmail.com, Port: 465
Catatan: membuat atau memperbaiki password di KeePass tidak mengganti password Anda yang sebenarnya! Anggaplah KeePass sebagai buku alamat elektronik password Anda yang aman. Ia hanya menyimpan apa yang Anda tulis di dalamnya.
Apabila Anda memilih Internet dari daftar Group drop-down, password masukan Anda akan terlihat seperti ini:

Gambar 13: Layar KeePass Menambah entri - selesai (Add Entry- Completed)
Langkah 2. Klik untuk menyimpan perubahan apapun di layar Add Entry.
Password baru Anda sekarang muncul di Group Internet.

Gambar 14: Layar KeePass Password Safe
Catatan: Panel terbawah dari jendela ini menunjukkan informasi tentang masukan yang dipilih. Ini termasuk, waktu pembuatan, mengubah, atau kadaluarsa dan juga catatan yang mungkin Anda letakkan dalam entri ini. Tetapi panel tidak menunjukkan password.
  • Expires: Centang item ini untuk mengaktifkan text boxes (kotak teks) agar Anda bisa memasukkan tanggal kadaluarsa. Dengan melakukan ini, Anda dapat menambahkan peringatan untuk diri Anda untuk mengganti password pada waktu yang spesifik (contoh: setiap 3 bulan). Ketika password kadaluarsa, password akan muncul dengan tanda silang merah di sebelahnya, seperti contoh berikut:

Gambar 15: Contoh password kadaluarsa di the NetSecureDb.kdb

Cara mengedit entri

Anda dapat merubah masukan yang Anda simpan di KeePass kapan saja. Anda dapat merubah password Anda (dianjurkan untuk mengganti password setiap tiga sampai enam bulan), atau merubah informasi lainnya yang tersimpan di entri password.
Untuk merubah entri, ikuti langkah ini:
Langkah 1. Pilih Group yang benar di sebelah tangan kiri Anda untuk mengaktifkan entri yang berhubungan.
Langkah 2. Pilih entri yang ingin Anda pilih, lalu klik kanan pada entri yang dipilih untuk menampilkan jendela berikut:

Gambar 16: Layar KeePass Password Safe saat menampilkan menu Edit
Langkah 3. Klik untuk menyimpan perubahan informasi ini, termasuk password.
Untuk mengganti password yang sudah ada (yang Anda sudah buat sebelumnya), KeePass menganjurkan untuk membaca bagian berikut.

Cara mendapatkan Password secara acak

Password acak yang panjang dilihat sebagai password yang kuat di dunia keamanan. Password tidak akan mudah untuk “ditebak” oleh seseorang yang ingin masuk ke akun Anda karena sifat acak password berdasarkan prinsip matematika. Seperti yang Anda lihat di atas, password acak akan secara otomatis tersedia ketika Anda memasukkan password baru. Bagian ini akan menjelaskan cara Anda mendapatkan password acak untuk Anda sendiri.
Catatan: Password Generator dapat diaktifkan dari menu Add Entry dan Edit/View Entry. Atau, pilih: Tools > Password Generator.
Langkah 1. Klik dari menu Add Entry atau Edit/View Entry, untuk mengaktifkan tampilan Password Generator seperti berikut:

Gambar 17: Layar KeePass Password Generator
Layar Password Generator menunjukkan pilihan-pilihan untuk mendapatkan sebuah password. Anda dapat memilih panjang password yang Anda inginkan. Karakter yang digunakan untuk membuat password dan lain lain. Untuk panduan ini, pilihan yang akan digunakan adalah pilihan yang ditetapkan otomatis. Ini berarti password yang didapatkan akan mempunyai 20 karakter dan terbuat dari huruf besar dan kecil, serta angka.
Langkah 2. Klik untuk memulai proses. Ketika sudah selesai, KeePass akan memperlihatkan password yang didapatkan untuk Anda.

Gambar 18: Bagian KeePass Generated Password
Catatan: Anda dapat melihat password yang telah terbuat dengan meng-klik . Akan tetapi, ini akan mengakibatkan resiko seperti yang telah dibahas diatas. Singkatnya, Anda tidak perlu untuk melihat password yang telah dibuat. Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang bagian 3.0 Menggunakan Password KeePass.
Langkah 3. Klik untuk menerima password dan kembali ke layar Add entry seperti berikut:

Gambar 19: Layar KeePass Add Entry
Langkah 4. Klik untuk menyimpan entri ini.
Langkah 5. Pilih File > Save untuk menyimpan database password yang terbaru.

Cara keluar, mengecilkan (minimize) dan mengembalikan (restore) KeePass

Anda dapat minimize atau keluar dari program KeePass kapan saja. Ketika Anda membuka atau me-restore, Anda akan diminta untuk memasukkan Master Password.
KeePass mengecilkan ikonnya sendiri, lalu muncul di System Tray (pojok kanan bawah layar Anda) seperti berikut.
.
KeePass juga membolehkan Anda mengunci program dengan mengikuti langkah berikut:
Langkah 1. Pilih File > Lock Workspace untuk menampilkan layar berikut:

Gambar 20: Layar KeePass – Safe Before Close/Lock
Langkah 2. Klik untuk menyimpan informasi Anda dan mengunci KeePass sehingga terlihat seperti Gambar 3, dan ikon seperti ini akan muncul di System Tray Anda.

Langkah 1. Klik dua kali ikon ini untuk mengembalikan KeePass ke ukuran normal, dan mengaktifkan layar sebagai berikut:

Gambar 21. Layar KeePass Open Database – NetSecureDb.kdb
Langkah 3. Masukkan Master Password Anda untuk membuka KeePass.
Untuk menutup KeePass silahkan lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Pilih File > Exit untuk menutup program KeePass sepenuhnya.
Apabila Anda mempunyai perubahan yang belum disimpan di database, KeePass akan mengingatkan Anda untuk menyimpannya.

Cara membuat salinan file dari database password

File database KeePass di komputer Anda ditandai dengan file extension ‘.kdb’. Anda dapat menyalin file ini ke dalam USB/flashdisk. Tidak akan ada yang dapat membuka database ini tanpa master password.
Langkah 1. Pilih File > Save As dari layar utama, dan simpanlah salinan dari database Anda ke lokasi lain.
Anda dapat menjalankan seluruh program KeePass dari USB/flashdisk. Silahkan baca halaman KeePass Portabel

Cara me-reset Master Password (password utama) Anda

Anda dapat mengganti Master Password kapan saja. Ini dapat dilakukan setelah anda membuka password database.
Langkah 1. Pilih File > Change Master Key

Gambar 22: Layar KeePass Change Master Key
Langkah 2. Ketik Master Password baru Anda dua kali ketika Anda diminta untuk melakukannya.

Gambar 23: Layar KeePass Change Master Key screen

Dikutip dari sini dan sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar