Minggu, 02 September 2012

Memanfaatkan GMail sebagai Hardisk Online Portable

Ada dua cara memanfaatkan fasilitas email gmail kita untuk media menyimpanan sebagai hardisk online portable, bila ruang hardisk kita terbatas bisa kita pindahkan data kita disana. Ada kelebihan juga kita dapatkan bila kita simpan file disana yaitu bilamana hardisk hardware kita rusak atau hilang maka data kita susah atau tidak bisa kita selamatkan lagi, tapi bilamana kita bisa backup di gmail drive maka hal diatas tidak perlu dikawatirkan, untuk mendapatkan data kita kembali kita hanya perlu sambungan koneksi internet, pc dan email gmail kita (jangan lupa passwordnya) 

CARA PERTAMA

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Gmail sebagai layanan web base email dari Google saat ini telah menyediakan storage untuk email kita (termasuk attachment) sebesar 7 GB lebih. Ukuran sebesar itu tentu saja lebih dari cukup untuk menyimpan email-email pribadi kita. Untuk memanfaatkan kapasitas penyimpanan dari GMail tersebut kita bisa mnggunakannya sebagai tempat penyimpanan dokument-dokument pribadi kita. Cara yang sederhana adalah dengan meyimpan file-file data kita kedalam attachment email dan menyimpannya sebagai arsip . Cara tersebut sudah lama saya lakukan sampai tanpa sengaja saya menemukan program gmail drive

Dengan GMail Drive kita bisa membuat sebuah Drive Virtual pada folder My Computer dimana kita bisa menyimpan dan mengambil data yang tersimpan pada GMail Account secara drag 'n' drop langsung dari Windows Explorer. Sayangnya karena pada dasarnya kita mengirim file ke inbox kita, maka proses upload file pun dibatasi seperti halnya kita mengirim email yaitu sebesar 10 MB. Untuk menyimpan file yang lebih besar dari itu kita bisa menyiasatinya dengan memecah file tersebut menjadi beberapa buah dengan ukuran masing-masing file tak lebih lebih 10 MB.

Lebih jelasnya tentang menggunakan GMail sebagai hardisk online ini langsung saja kita ikuti step by step penggunaannya.
  1. Download program GMail Drive di www.viksoe.dk/code/gmail.htm
  2. Ekstrak file dan jalankan setup program.
  3. Setelah selesai akan terbentuk GMail Drive di folder My Computer.
  4. Untuk menggunakan GMail Drive sebagai Online Hardisk terlebih dahulu kita harus login dengan GMail Account kita.
  5. Setelah berhasil login maka kita bisa meng-copy file langsung ke GMail Drive tersebut atau dengan klik kanan pada file dan klik Sent To GMail Drive
  6. Untuk mengecek apakah file-file yang berada dalam GMail Drive telah berada dalam Account GMail kita maka kita bisa login ke GMail dan cek pada inbox, disana akan terlihat beberapa email dengan subjek GMAILFS.
  7. Agar file-file GMAILFS tersebut tidak bercampur dengan email yang lain di inbox kita, terlebih dahulu kita harus memfilter email dan melewatkan email dengan subjek GMAILFS langsung ke archive kita. caranya :

    • Klik Setting - Klik Filter - Klik Create New Filter.
    • Pada jendela Create a Filter pada bagian Subject isi dengan GMAILFS. Klik Next step.
    • Pada pilihan yang tersedia check skip the inbox (archieve it). dan terakhir klik Create a filter.
  8. Sekarang kita telah memiliki Private Hardisk Online berukuran 7 GB untuk menyimpan data-data pribadi kita.

CARA KEDUA

24 April 2012 kemaren Google resmi meluncurkan Google Drive, sebuah media untuk peyimpanan dan berbagi file secara online berbasis cloud computing. Untuk layanan gratisnya Google Drive memberikan kita space sebesar 5 GB. Sedangkan untuk layanan berbayarnya Google Drive meyediakan space peyimpanan hingga 16 TB.

DAFTAR GOOGLE DRIVE 
  1. Untuk menikmati layanan Google Drive kita harus Login dengan account gmail kita disini 
  2. Anda akan dibawa ke jendela My Drive, dimana disitulah file-file Anda akan disimpan. Apabila sebelumnya anda telah mempunyai dokumen di google docs, maka file-file yang telah dibuat lewat google doc tersebut akan ada di jendela My Drive ini.

    my drive - google drive
  3. Pada Jendela My Drive ini kita bisa langsung membuat dokumen (menggunakan fasilitas google docs) dengan menekan tombol Create atau meng-upload dokumen dari komputer dengan menekan simbol hardisk (storage)
MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE DI KOMPUTER
  1. Anda juga bisa mendownload aplikasi Google Drive for PC. Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah mensinkronkan file-file di komputer kita ke tempat penyimpanan di My Drive tadi. 
  2. Setelah didonwload, instal dan jalankan aplikasi Google Drive for PC, setelah terinstall kemudian login dengan account gmail kita.
  3. Setelah login, pada saat pertama kali digunakan akan ditampilkan jendela seperti dibawah:

    advanced setup google drive
  4. Secara default folder Google Drive di komputer dengan sistem operasi windows 7 akan tersimpan di folder "C:\Users\nama_user\Google Drive". Untuk menentukan lokasi yang lain, klik aja tombol Advanced setup
  5. Setelah proses seting lokasi folder selesai, selanjutnya kita tinggal drag n drop aja file-file yang akan kita simpan ke Google Drive lewat folder tersebut. 
Beberapa keunggulan dari Google Drive ini adalah terintegrasi dengan Google Docs dan memungkinkan pengguna untuk mengakses file atau dokumen dari manapun dan mengerjakan dokumen bersama rekan kerja dalam waktu bersamaan. Pengguna juga tak perlu lagi repot menginstall banyak software, karena Google Drive memungkinkan segala macam jenis file, misalnya file dengan format PSD (photoshop) atau HD Video dibuka melalui browser (misal Google Chrome).

Untuk Anda yang tertarik untuk meyimpan file secara onlie dengan google drive ini, saat ini Google Drive tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows dan Mac, smartphone dan tablet Android. Dari keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch.

Dikutip dari sini dan sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar